PENGUKUHAN ANGKATAN 23 ASRAMA YAYASAN SOPOSURUNG, 14 JULI 2012

 PENGUKUHAN ANGKATAN 23 ASRAMA YAYASAN SOPOSURUNG, 14 JULI 2012

Teringat suatu momen hampir setahun yang lalu, tepatnya Juli 2012. Kami angkatan 23 sudah menyelesaikan pelonco kami selama seminggu dan latihan pengukuhan selama seminggu juga dan tentunya menghasilkan kulit hitam terbakar, ada yang pekat, ada yang setengah melepuh, dan ada yang setengah mengelupas. Berbeda sekali dengan moment 27 Juni, sewaktu pertma kali masuk asrama, kami masih memiliki kulit mulus dan belum mengelupas. Bisa dilihat antusiasme para hadirin dan undangan, apalagi orangtua kami semua yang dengan bangga melihat anak-anak mereka dikukuhkan oleh Ketua Yayasan Soposurung, Rebdy Tampubolon. Di situ Ketua BPN (Badan Pertanahan Nasional), Hendarman Supandji menjadi inspektur upacara. Banyak juga hadir undangan-undangan, dan ada juga Isran Noor, Bupati Kutai Timur.
Pengukuhan kami juga terasa sangat spesial. Setelah 2 dekade menamatkan para alumni sejumlah 20 angkatan, akhirnya mereka kembali berkumpul ke Bonapasogit, rumah mereka Asrama Yayasan Soposurung Balige. Selain itu, setelah sekian lama pengukuhan diadakan di lapangan apel, pengukuhan kali ini diadakan di Lapangan Mini Soposurung.
Pengukuhan diawali dengan tiupan peluit dari pelatih kami, Apri Hutabarat, dan kami lari ke tengah lapangan dan berbaris dengan rapi. Ketua senat, Riofaldi Sihombing memimpin penghormatan kepada Hendarman Supandji. Kemudian kami kembali ke tempat duduk kami masing-masing.
Penghormatan Kepada Pak Hendarman Supandji dipimpin Ketua Senat, Riofaldi Sihombing

Kemudian dilanjutkan dengan welcoming speech oleh kak Zetta Sirait (angkatan 21). Dengan vokal yang bagus, dia berhasil mengahnyutkan suasana dan perhatian para hadirin dan undangan. Kemudian dilanjutkan dengan doa pembuka dalam agama Islam (namanya lupa J). Setelah bedoa, dipimpin oleh Ketua Sie. Kesenian, bang Alfred Simbolon menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Pembacaan Rekapitulasi (Kota Medan)
Selanjutnya pembacaan rekapitulasi siswa-siswi baru berdasarkan asal daerahnya. Daerah terbanyak dari Kota Medan (21 orang) dan Kabupaten dairi (17 orang). Sedangkan SMP negeri terbanyak dari SMPN 1 Sidikalang sebanyak 9 orang dan SMP swasta terbanyak dari SMP St. Thomas 1 Medan sebanyak 7 orang. Ada juga satu siswa pengganti yang dilantik yakni bang Rikki Salo. Terlihat para orangtua berdiri ingin melihat anak-anak mereka mengatakan “SIAP”. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemakain PDL dan baret biru yang sangat dibanggakan oleh bapak tercinta, T.B Silalahi dengan motto Yasop di kirinya, Cerdas  Mulia Nasionalis. Khusu baret Pak TB, terdapat 3 bintang emas, dikarenakan Pak TB yang merukan seorang jenderal (purn). Adapun perwakilannya adalah Anggia Nainggolan dan Asye Saragih. Pak Hendarman memasangkan untuk Anggia, dan Bu TB Silalahi memasangkan untuk Asye, dibantu 2 orang pengawas kami Pak Apri dan Bu Novi,  serta disaksikan oleh Pak TB Silalhi. Setelah selesai serentak kami yang duduk di bangku memasang PDL juga.
Pengucapan Sumpah dan Prasetya
Selanjutnya tibalah kami dilantik oleh Pak Rendi Renova Tampubolon disaksikan beribu hadirin dan undangan yang hadir. Kami mengucapakan janji dan prasetya kami dengan serempak dan suara yang lantang. “Kami siswa-siswi Asrama Yayasan Soposurung...” Saat itu, Uios Purba menjadi pemimpin barisan kami.
Para Cendikia dan Siswa Teladan
Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan para cendikia dan siswa teladan. Untuk kelas 2 (angkatan 22),  cendekia 1,2,3 berturut-turut : kak Fitri Tambunan, bang Ghovindo Siadari, dan bang Daniel Sembiring. Sedangkan siswa teladan mereka adalah bang David Simanjuntak. Untuk kelas 3 (angkatan 21), cendekia 1,2, dan 3 berturut-turut bang Andi Tarigan, bang Bobby Manurung, dan kak Sere Napitupulu. Sedangkan siswa teladan mereka adalah bang Jobit Parapat. Acara tersebut kemudian diakhiri dengan foto bersama dengan berbagai pengusah yang hadir pada saat itu

Tim Karate Yasop
Tim Atraksi Yasop
Kemudian, dilanjutkan dengan choir Greatest Love of All dan atrasksi. Para tamu terlihat takub akan penampilan para siswa-siswi apalagi saat tim atraksi tampil. Perpaduan kungfu dan tarian modern sukses menghasilkan tontonan yang menakjubkan. Ketua tim atraksi saat itu adalah bang Jobit Parapat, sang siswa teladan dan wakilnya bang Joshua Sihombing. Tidak ketinggalan tim karate yang dipimpin oleh bang Zulkarnain Purba juga berhasil memukau para penonton. Osh..osh...osh. Perut-perut six packs dan eight packs, dada membidang, dan lengan yang besar dan kuat ditunjukkan oleh anggota-anggota tim karate. Gerakannya berupa Katapinan 1 dan 2 serta hippon komite. Tak lupa gerakan paling mendembarkan pemukulan 3 genteng sekaligus oleh para siswa kelas 3. Acara kemudian dilanjutkan dengan tortor oleh para alumni dari berbagai kalangan bersama dengan anak Yasop (tim tortor) serta sebuah robot yang diciptkan oleh alumni Yasop angkatan 18 dan ketua Yayasan Soposurung, Pak Rendy.



Kemudian acara dilanjutkan dengan peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun Yayasan Sopsorung  ke-20.  Yang meniup lilin saat itu adalah Pak TB dan ibu, Pak Gustav Panjaitan (pendiri Yasop), Pak Hamzah Sinaga (ketua acara reuni), dan Pak Rendi. Kue spesial tersebut juga diberikan kepada siswa termuda Asrama Yasop, Willy Sofyan Purba. Saat itu usianya masih 14 tahun dan baru saja dilantik sebagai angkatan 23.
Antusiasme Para Orangtua


Acara selanjutnya adalah kata-kata sambutan dari Pak Hendarman Supandji, Bu New In Hartati Manullang, dan Pak TB Silalahi. Sambutan yang disampaikan oleh Bu New In dengan judul Bye Bye Hurje, Harapan Baru lahir, sangat menyentuh hati, bagaimana seorang anak polos peternak babi berhasil masuk Yasop dan kini menjadi salah satu direktur BUMN bidang navigasi. Selain itu, kata sambutan dari Pak TB Silalhi juga cukup menyentuh, bagaimana kisah seorang anak yatim yang sukses menjadi “orang” dan sangat dihargai di bangsa ini.Kemudian acara tersebut ditutup oleh doa dari Pendeta Matondang.

Acara selanjutnya adalah makan siang bersama. Khusus undangan khusus makan siangnya di TBS Center, hadirin biasa dan siswa-siswi makan di Lapangan Mini, dan siswa-siswi baru bersama orangtua/ wali makan di Aula Makan. Selesai makan siang, para siswa-siswi baru diberi kesempatan bertemu oranngtua selama 1,5 jam sebelum berpisah kembali untuk menjalani masa karantinya.
Pengukuhan yang cukup berkesan dan tak akan mudah dilupakan oleh kami angkatan 23.. WONDERFUL WE ARE.
SPECIAL ONE GENERATION (Mr. Halasan Sitoru)...
Adapun kami ke-90 angkatan 23.. :
1.       Agnes Rumenta Samosir
2.        Agnes Siregar
3.        Ahmad Tarmizi Simanullang
4.        Ammaylucy Tarigan
5.        Angela BC Situmorang
6.        Anggia Abraham Nainggolan
7.       Apri Wida Wati Simanjorang
8.        Armando Gilbertud Sibagariang
9.        Astrid Kusuma
10.    Asye Say Dearni Saragih
11.    Bella Vista Siallagan
12.    Christy Gunawan Simarmata
13.    Daniel Joshua Ingot Simbolon
14.    David Septian Sinaga
15.    David Hosea Sipahutar
16.    Dian Yudicia Marpaung
17.    Dina Saragih
18.    Dion Michael Sianipar
19.    Divra Manota Simanjuntak
20.    Edi Rumancon Saragih
21.    Elias Sidabukke
22.    Elisabeth Devi Yanti Sidabutaer
23.    Elva Simarmata
24.    Erinetta Lomoria Debora Hutapea
25.    Esra Saragih
26.    Febri Alvian Tampubolon
27.    Fina Saragih
28.    Flora Maranatha Hasugian
29.    Frans Pangaribuan
30.    Fransiskus Ondihon Sitompul
31.    Grace Tambunan
32.    Gratia Silvi Lumbantoruan
33.    Gregory Ryan Nazar Tampubolon
34.    Hanjaya Basuki
35.    Hebron Ginting
36.    Helena Pangaribuan
37.    Hendrik Silaen
38.    Hot Parningotan Banjarnahor
39.    Immanuel Surya Aritonang
40.    Irfan Deni Butar-butar
41.    Ivana Situmorang
42.    Jegar Sahaduta Karo-karo
43.    Josaphat Manik
44.    Julian Shristopel Sibarani
45.    Katarina Silalahi
46.    Lamhot Sirait
47.    Larustan Christian Tumanggor
48.    Leonardo Sihombing
49.    Lien Jacky Sitorus
50.    Louis Anggreyani Gea
51.    Macho Revelino Siahaan
52.    Mario Charly Gultom
53.    
54.   Martohap Rinaldo Pandaoni Matondang
55.    Maurice Mario Putra Saragih
56.    Meiva Patricia Situmorang
57.    Michael Sihombing
58.    Nadya Sinaga
59.    Natha Marwin Tambunan
60.    Patresia Ratu Weti Tambunan
61.    Petra Matatias Situmorang
62.    Rain Kihara Boangmanalu
63.    Rani Munthe
64.   Reinhard Christoper Dachi
65.   Rian Mikha Meka
66.    Ricko Dwiki Yudistira Sinurat
67.    Ricky Bayu Pamungkas Sinurat
68.   Roky Anugrah Sitinjak
69.   Romy Rolineo Munthe
70.    Ronald Hutajulu
71.    Roy Sianturi
72.    Ruth Liani Karosekali
73.    Ruth Frida Tambunan
74.    Sandiego Fransisco Parhusip
75.    Sarah Sitohang
76.    Silvia Ferdayanti Laoli
77.    Susi Purba
78.    Sutanto Tampubolon
79.    Tabita Panggabean
80.    Tiara Berlian Hutapea
81.    Tommy Ario Sirait
82.    Tua Christian Hutabarat
83.   Uios Joy Narpaskah Purba
84.    Venita Octavian Tambunan
85.    Vera Pasaribu
86.    Veronika Pasaribu
87.    Willy Sofyan Simamora
88.    Yacob Diori Simanjuntak
89.    Yoseph Valentino Silalahi
90.    Yosua Fernando Sinambela


SEKIAN..

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PENGUKUHAN ANGKATAN 23 ASRAMA YAYASAN SOPOSURUNG, 14 JULI 2012 ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 10 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 5 komentar: di postingan PENGUKUHAN ANGKATAN 23 ASRAMA YAYASAN SOPOSURUNG, 14 JULI 2012
 

5 komentar: